10 Wonders of the Rosary

10 Wonders of the Rosary

B. Indonesia Mengapa sistem tanam paksa sangat merugikan penduduk Indonesia?
JANGAN NGASAL YA...

Mengapa sistem tanam paksa sangat merugikan penduduk Indonesia?
JANGAN NGASAL YA...

Jawaban:

karena rakyat Indonesia dipaksa untuk menanam tanaman pokok dan hasilnya adalah milik belanda sedangkan rakyat Indonesia tidak memiliki waktu untuk mengurus lahannya sendiri, sehingga terjadi krisis pangan.

Jawaban:

Tanam Paksa merugikan rakyat Indonesia karena

-Jumlah lahan pertanian untuk padi menurun

-Produksi bahan pangan menurun sehingga terjadi kelaparan

-Para petani harus bekerja berat di perkebunan Belanda

Penjelasan:

Sistem Tanam Paksa (Cultuurstelsel) adalah sistem ekonomi yang diterapkan di Hindia Belanda dengan memaksakan penanaman tanaman produksi yang kemudian diwajibkan untuk dijual kepada penjajah Belanda. Sistem ini diterapkan pertama oleh Gubernur Jenderal Johannes Van Den Bosch yang menjabat pada tahun 1830-1833.

Akibat tanam paksa bagi bangsa Indonesia adalah menimbulkan penderitaan bagi petani yang harus bekerja paksa di perkebunan milik Belanda. Sistem ini membuat produksi lahan petani sendiri terbengkalai.

Tanam Paksa menyebabkan lahan pertanian berkurang, sebab lahan yang dapat digunakan untuk menanam pangan seperti padi dipaksa dipakai untuk menanam tanaman produksi. Akibatnya di Indonesia pada masa Sistem Tanam Paksa sering terjadi kelaparan.

Sementara, pemerintah Belanda mendapatkan keuntungan dari penjualan tanaman produksi yang besar. Misalnya, pemerintahan kolonial Hindia Belanda bisa mengirim keuntungan sebesar 15 juta florin pada tahun 1851 ke pemerintah Belanda di Eropa.

Akibatnya di Belanda terjadi pro kontra terhadap penerapan Tanam Paksa. Ini mendorong dilaksanakannya Politik Etis atau Politik Balas Budi yang berusaha meningkatkan pendidikan dan kondisi kehidupan penduduk asli Hindia Belanda, sebagai timbal balik dari keuntungan yang didapat Belanda.